Tuna Kaleng

Selasa, 15 Mei 2007

Sayangi Tulang Punggungmu

Hindari Kebiasaan Buruk dan Menekan Tulang Punggung


Berikut adalah beberapa anjuran posisi kita sehari-hari:
ANGKAT BARANG
Dianjurkan
Lekuk tungkai dan lutut, bukan punggungmua. Tahan tulang punggung se-vertikal mungkin. Rapatkan beban ke tubuh. Jika berat, cari pertolongan saja.


Tidak dianjurkan
Jangan lekuk pinggan atau berputar saat mengangkat beban berat. Hindari menahan beban dengan lengan. Jangan mengangkat beban lebih tinggi dari bahu, posisi ini menekan punggung berlebihan. Begitupun saat berjalan, gunakan sepatu nyaman dan tidak berhak tinggi.


BERDIRI DAN BERJALAN
Dianjurkan
Ganti posisi berdiri sesering mungkin jika harus berdiri lama. Gunakan penahan kaki bergantian untuk menahan berat badan. Berdiri tegak, dengan tulang punggung lurus.




Tidak dianjurkan

Jangan berdiri terlalu lama pada posisi yang sama. Hindari melekuk punggung dengan kaki lurus. Saat berjalan jangan condong ke depan. Janagan memakai hak tinggi saat berdiri atau berjalan dalam waktu lama.

MENGEMUDI
Dianjurkan

Duduk tegak, posisikan kursi tegak, sehingga lutut dan pinggul sejajar. Tahan tulang punggung dengan gulungan handuk atau penahan punggug khusus.



Tidak dianjurkan
Jangan menyetir dengan punggung bersandar terlalu jauh dari setir. Posisi ini menciptakan tekanan tulang punggung dan bahu.

DUDUK
Dianjurkan
Tahan tulang punggung dengan gulungan handuk atau penahan khusus yang diletakkan pada belakang pinggang. Atur kursi setinggi tungkai hingga kalai menapak lantai dan lutut sejajar pinggul.

Tidak dianjurkan
Jangan duduk dengan condong ke depan atau belakang dan posisi kaki tidak tegak.
TIDUR
Dianjurkan
Tidurlah di kasur dengan pegas yang kuat daya tekanya. Jika tidur miring, rapatkan lutut satu sama lain. Atau jia telentang, letakkan bantal di bawah lutut.



Tidak dianjurkan
Hindari tidur tengkurap karena menyebabkan tekanan berbalik pada tulang punggung. Jangan tidur pada kasur yang tidakdapat menahan tulang punggung dan beban badan.



Sumber: Princi-BFort

Tidak ada komentar: