Tuna Kaleng

Rabu, 16 Mei 2007

70 - 80% Kenyang

Hal penting yang perlu diingat betul sewaktu makan adalah setiap makan asalkan mencapai 70 - 80% kenyang sudahlah cukup. Saran ini penting sekali dan benar-benar dapat memperpanjang usia kita. Metoda ini dikenal dengan nama “low calory eating”, 70 - 80% kenyang setiap kali makan. Dalam Chinese Medicine terdapat pepatah terkenal: Bila ingin tubuh sehat, jagalah 30% lapar. Jadi secara praktis alalah ketika anda meninggalkan meja makan, anda masih merasa lapar, yaitu ketika sebenarnya masih ingin makan anda sudah meninggalkan meja makan.

Ilmuwan di Amerika pernah melakukan percobaan mengenai 70 - 80% kenyang ini pada dua kelompok monyet masing-masing 100 ekor.

Kelompok pertama diberi makan sekenyang-kenyangnya, sedangkan kelompok lainnya ditakar makannya hingga 70 - 80% kenyang sekali makan. Hasilnya, kelompok monyet yang diberi makan sekenyangnya setelah 10 tahun banyak yang kegemukan, kadar lemak pada levernya sangat tinggi, banyak yang menderita jantung koroner, tekanan darah tinggi dan dari 100 ekor monyet kelompok tersebut 50 ekornya mati selama 10 tahun percobaan tersebut. Sebaliknya kelompok kedua yang hanya kenyang 70 - 80% setiap makan, rata-rata bertubuh langsing, sehat, semangat tinggi, jarang kena sakit; dan dari 100 ekor monyet kelompok ini hanya 12 ekor yang mati dalam 10 tahun percobaan tersebut.


Terbukti bahwa 70 - 80% kenyang benar-benar ampuh untuk resep panjang umur.
Sumber: Gaya Hidup Warga Usia Pertengahan dan Usia Lanjut serta Pengaruhnya terhadap Kesehatan
Pengarang: Prof. Hung Zhao Guang

Tidak ada komentar: