Tuna Kaleng

Minggu, 30 September 2018

Semakin Cerewet Semakin Baik untuk Orang Tua Kita yang Sudah Lanjut Usia



"UNDERSTANDING YOUR PARENTS" (Memahami orang tua Anda)

Jika Anda merasa terganggu dengan Ayah/Ibu/Kakek/Nenek Anda yang sudah berusia lanjut, karena mereka cerewet, suka ngomel, banyak bicara dan lain-lain.
Silahkan baca artikel ini hingga selesai. Karena, semakin cerewet orang tua kita yang sudah lanut usia, semakin baik buat mereka dan kita juga.

Tahukah Anda bahwa :
"Sebenarnya dengan cerewet, suka cerita, ngomel, dan lain-lain, ini sebenarnya bentuk Verbal Catharsis."
Yaitu orang tua mengeluarkan unek-uneknya sehingga setelah melakukannya hatinya akan menjadi plong, lega dan nyaman.... Seperti baru menghirup oksigen bertekanan tinggi....!

Selama Orangtua masih mau bicara, mengeluarkan pikiran dan terutama perasaannya dalam bentuk verbal, ini tentu sangat bagus, daripada mereka hanya diam saja. Semakin mereka diam dan tidak ada komunikasi, maka akan semakin tidak baik bagi diri mereka.

Sebagai anak/cucu kita perlu bijak memahami kondisi dan situasi orangtua kita. 

Seorang ahli hipnoterapis pernah berkata, "Walau saya bisa Hipnoterapi, saya tidak akan mensugesti ibu saya agar tenang dan tidak cerewet lagi. Memang Ibu saya ini cerewetnya minta ampun. Namun, justru inilah yg membuat beliau bisa tetap sehat dan panjang umur. Saat ini beliau berusia 92 tahun."

Ingat, saat kecil kita ini juga cerewetnya minta ampun loh. Bicara hal-hal yang tidak penting, suka mengulang-ulang apa yang sudah dikatakan atau ditanyakan.
Namun, karena saat itu kita masih kecil, masih baru belajar bicara, cerewetnya dianggap lucu dan menyenangkan. 

Saat seseorang menjadi tua, suka atau tidak suka ia akan kembali seperti anak kecil lagi.
Namun, karena sekarang tubuhnya suda tua, renta dan keriput.  Cerewetnya tidak lagi lucu dan menggemaskan, malah jadinya terkesan menjengkelkan.

Oleh karena itu, sayangilah orangtua apa adanya, dengan segala keluguan dan kekurangan mereka, selama mereka masih ada bersama kita. Suatu saat nanti, saat suara mereka sudah tidak lagi terdengar, kita pasti akan kangen dan merasa kehilangan .

Ingat, nanti kita juga akan menjadi tua, renta, keriput dan cerewet seperti orangtua kita. Semoga kita bisa memahaminya.

Jadi, semakin cerewet orang tua kita yang sudah lanjut usia, semakin baik bagi mereka. Itu menandakan orang tua kita masih relatif sehat.
 

“Love your parents and treat them with loving care for you will only know their value when you see their empty chair.” 


Sumber: Milist Kesehatan
Suggested link:

Tidak ada komentar: