Tuna Kaleng

Jumat, 25 September 2020

Bagaimana Tidur Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh terhadap Penyakit



Bagaimana Tidur Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh terhadap Penyakit.

Ternyata salah satu cara terbaik untuk meningkatakan sistem imunitas tubuh adalah tidur yang cukup. Namun terkadang ada orang yang mengabaikannya, dengan alasan kesibukan masing-masing.
Hal ini dipertegas lagi oleh ilmuwan Matt Walker, seorang expert dalam hal tidur secara sains.

Biasanya pada saat kita sakit, yang kita inginkan adalah tiduran dan istirahat. Ternyata memang ada hubungan yang kuat antara imunitas tubuh dan kecukupan tidur. 

Banyak orang yang sudah memahami bahwa orang yang sehari-harinya tidur kurang dari 7 jam akan lebih mudah terkena infeksi rhinovirus, yaitu penyebab flu umum yang kita kenal. Hasil penelitian juga menemukan perempuan yang tidurnya 5 jam atau kurang memiliki kemungkinan terkena pneumonia sebanyak 70% lebih tinggi dibandingkan perempuan lain yang tidurnya cukup.  

Manfaat lain dari tidur yang cukup dalam hal imunitas tubuh adalah membantu suksesnya suatu proses vaksinasi. 
Dari hasil percobaan terhadap para sukarelawan penelitian yang dibagi dalam dua group sbb:
  1. tidur 4 jam/hari selama 6 hari
  2. tidur cukup
Saat mengikuti test tersebut, kedua grup tersebut masing-masing diberi vaksinasi flu. 
Ternyata pada group orang yang tidurnya kurang, antibodi yang terbentuk 50% lebih sedikit jika dibandingkan dengan antibodi yang terbentuk pada orang-orang yang tidurnya cukup.
Dengan kata lain jika kita tidurnya kurang saat akan mengikuti vaksinasi, maka hal tersebut akan mengurangi secara signifikan faedah vaksinasi tersebut.

Dari hasil penelitian lebih lanjut, ternyata saat kita tidur dan terutama saat tidur lelap (deep sleep), tubuh kita membuat cadangan senjata-senjata antibodi di tubuh kita. Kita menstimulasi produksi berbagai macam antibodi dalam tubuh. Selain itu tubuh kita juga meningkatkan sensitivitas terhadap faktor-faktor penunjang imunitas. Jadi saat kita bangun tidur di pagi keesokan harinya, kita akan memiliki imunitas tubuh yang lebih kuat.

Jadi kalau kita menginginkan peningkatan imunitas tubuh, maka tidur yang cukup adalah salah satu sistem asuransi kesehatan terbaik yang bisa kita harapkan.  

Ayo… mulai sekarang kita biasakan selalu tidur cukup tiap harinya, yaitu tidur 7-9 jam / hari. 

Sumber: Sleep with Science

Baca juga:

Tidak ada komentar: