Tuna Kaleng

Rabu, 07 November 2018

Bagaimana Cara Menghabiskan 10 Tahun Terakhir Hidup Anda?


Pelan tapi pasti umur semua orang akan bertambah tiap tahunnya. Mulai dari bayi, balita, anak-anak, remaja, remaja dewasa, dewasa, usia paro baya, usia lima puluhan, enam puluhan, lanjut usia dan akhirnya berpulang kembali ke Tuhan YME.  
Pada usia muda dan dewasa, kita memiliki semangat dan kesehatan yang prima. 
Namun ada kalanya saat sehat, kita lupa untuk mempersiapkan kesehatan saat nanti di usia lanjut.
Tentu kita paham betul dengan hukum sebab akibat.
Kalau kita rajin berolah raga dan mengatur pola makan yang baik, tentunya hal ini akan membantu menjaga kesehatan di usia senja.
Sebaliknya kalau kita mengabaikan olah raga teratur dan dibarengi pola hidup dan pola makan yang buruk, maka gangguan kesehatan di saat tua pun semakin besar.  
Pilihan ada di diri kita, apakah kita akan memilih untuk menghabiskan sepuluh tahun terakhir hidup dengan penuh kesehatan dan kesehatan? Ataukah kita memilih untuk menghabiskan usia senja dalam kondisi sakit-sakitan atau bahkan hanya berbaring di tempat tidur?

Tentunya kita memilih untuk selalu hidup sehat, bukan?
Untuk itu, ayoo… kita tetap bergerak. Manusia ditakdirkan untuk selalu bergerak. Jangan malas-malasan. Selagi mampu, usahakan untuk jalan kaki minimal 6000 sampai 8000 langkah tiap hari. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan kita. Jalan kaki sebanyak 6000 sampai 8000 langkah itu setara dengan jalan kaki selama 30 s.d. 45 menit tiap hari. Tidak berat bukan? 
Kalau perlu, kita bisa memakai alat untuk menghitung jumlah langkah kita tiap hari, misalnya smart watch, fitbit ataupun Xiaomi Mi Band 3.  
Dengan rutin jalan kaki, kita selalu bergerak tiap hari. Kita pun mempersiapkan usia lanjut yang sehat, tanpa merepotkan orang lain.


Tidak ada komentar: